Thursday, September 11, 2014

Merawat Mobil Tua

Jika Anda memiliki kendaraan berusia lebih dari 10 tahun, perlu perhatian ekstra agar penggunaanya bisa sebaik mobil yang lebih muda. Ikuti tips-tips berikut agar mobil Anda dapat selalu terjaga dalam kondisi yang prima.

Percepat penggantian oli. Untuk memberi perlidungan ekstra pada mesin mobil yang berumur lebih dari 10 tahun, sebaiknya penggantian oli dilakukan setiap 2.500 km. Hal ini dapat meringankan beban kinerjanya, terutama saat putaran tinggi, selain juga dapat mencegah timbulnya deposit di sekitar mesin. Dan, tingkat emisi pun dapat lebih ditekan. Agar proteksinya maksimal, sebaiknya,gunakan  jenis kekentalan oli yang SAE 10- 40 W atau 15-40 W. 

Perhatikan kabel. Gantilah kabel–kabel yang sudah getas dengan yang baru. Karena, kabel getas dapat menyebabkan korsleting di sekitar mesin, atau mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan dan dapat menimbulkan kebakaran.

Perhatikan bagian kaki–kaki.agar kondisi kaki–kaki mobil berusia tua selalu dalam keadaan prima. Seperti pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi, dan karet stabilizer. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya bunyi.

Gunakan cover untuk jok. Untuk memperpanjang umurnya, tutuplah jok asli mobil dengan cover jok yang cukup tebal. Untuk meningkatkan kinerja mesin mobil, sebaiknya ring seher yang sudah lemah atau berkerak diganti dengan yang baru. Jika tidak, maka aliran bensin menjadi tidak lancar, serta suara mesin menjadi kasar.

Pakai cover. Agar catnya tidak cepat pudar, sebaiknya lindungi mobil dengan cover mobil –terutama jika Anda sering memarkirnya di luar garasi. Dengan demikian,  ini dapat mencegah mobil terkena getah pohon atau kotoran yang mungkin bisa sulit untuk dibersihkan.

Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas. Untuk mendukung kampanye untuk menggunakan bahan bakar yang tidak bersubsidi, maka sebaiknya memilih bahan bakar yang non subsidi seperti pertamax, dll. Kandungan bahan bakar tersebut sangat bagus untuk menjaga kualitas dan performa mesin mobil sekaligus merawat mesin mobil tetap bersih tidak gampanng bocor karena karat yang terkandung dalam bahan bakar premium.

No comments:

Post a Comment