Friday, September 5, 2014

Cara membersihkan kerak mesin

Cara membersihkan kerak di mesin mobil

Mesin mobil itu ibaratkan tubuh manusia yang,terjadi penyumbatan di pembuluh darah atau sering juga di sebut sebagai kolestrol.Sebab seiring berjalannya waktu,ruang bakar mesin pasti kotor akibat kerak.Kerak-kerak tersebut datangnya dari debu yang terhisap ke ruang bakar,atau juga kualitas bahan bakar,sehingga bahan bakar tidak terbakar seluruhnya.Dan akibatnya ruang bakar menjadi kotor.

               Dan bila di biarkan terlalu lama efeknya berpengaruh ke performa mesin,akselerasi,konsumsi BBM yang boros,hingga mesin knocking.Semua mesin pun bisa mengalami hal tersebut.Seperti halnya mesin yang pasokan bahan bakarnya menggunakan karburator dan injeksi.Terutama pada mobil yang masih menggunakan sistem komputer dengan program terbuka(open loop).

              Bila ciri-ciri tersebut sudah anda rasakan di mobil milik anda maka segeralah bersihkan ruang bakar dengan tahap pengerjaan yang paling ringan.

1.Menggunakan Penetran Pembersih
            
              Anda dapat memakai produk pembersih ruang bakar seperti DCS,Taihokohzai,Carbjet,dan banyak lagi.Produk-produk tersebut dapat melunakan dan melunturkan kotoran yang ada di klep dan ruang pembakaran mesin mobil.

              Cara penggunaanya mudah,nyalakan mesin mobil anda hingga suhu kerja mobil atau normal.Kemudian jaga putaran mesin hingga 4000-5000 rpm selama beberapa menit.Kotoran karbon akan keluar dari knalpot dan ruang bakar mobil menjadi bersih.Bersihkan ruang bakar minimal 1 tahun sekali atau tiap 10.000km.

2.Injector Cleaner



            Langkah ke2 bisa dengan memasukan cairan Injector Cleaner ke dalam tangki bensin.Cairan ini nantinya akan membersihkan kotoran yang berada di injector,klep dan ruang bakar.Kotoran tersebut nantinya akan terbuang via gas buang.Biasanya saya menggunakan G20.


3.Carbon Clean



        Langkah yang ketiga biasanya harus ke bengkel karna menggunakan alat tertentu/khusus.Prosesnya dengan cara memasukan cairan khusus melalui lubang busi menggunakan alat khusus.Diamkanlah lebih dari 15 menit.Setelah itu cairan tersebut di sedot kembali.Nah dari hassil sedotan itu tadi bisa terlihat beberapa banyak kotoran yang sudah berhasil di angkat dari ruang bahan bakar.


            Biasanya proses pembersihan di bengkel di paketkan dengan tune up,pembersihan filter udara,filter bensin,busi,dan lain-lain

No comments:

Post a Comment