Saturday, August 23, 2014

Rekomendasi mobil mobil hemat BBM




Bagi mayoritas konsumen di Indonesia, faktor konsumsi BBM sebuah mobil baru dijadikan salah satu bahan pertimbangan atau malah penentu jadi atau tidaknya pembelian. Karena dengan memilih mobil yang hemat BBM, tentu biaya operasional kendaraan bisa ditekan. Dana pun bisa dialokasikan ke pos yang lain.

Terlebih ketersediaan bahan bakar minyak terus terkikis, dan harganya pun terus bergerak naik. Suatu hal yang logis, bila konsumsi BBM suatu kendaraan menjadi penting. Pabrikan mobil pun berlomba untuk menawarkan produknya yang hemat atau malah superior dalam konsumsi BBM dengan menghadirkan beragam teknologi terkini.

Nah, bagi Anda yang sedang berniat meminang mobil baru yang hemat BBM, kami hadirkan 11 mobil yang tersedia di pasar saat ini dengan efisiensi BBM yang tinggi.
Mazda6Chevrolet Spin TDCi
Tidak ketinggalan Mazda6 yang mengandalkan teknologi SKYACTIV untuk meraih minimnya input bahan bakar ke mesin, tapi tenaga tetap optimal. Bagaimana tidak efisien dengan kapasitas mesin 2.488 cc 4 silinder berteknologi Idling Start-Stop, Mazda pun menyematkan mesin ringan namun tetap kuat agar mampu mereduksi bobot hingga 10 persen sekaligus mengurangi friksi sampai 30 persen. Dengan tenaga 192 dk, hasil tes Mazda6 mencatat konsumsi BBM tol 15,5 km/l dan 10,75 km/l di dalam kota.Chevrolet menyediakan Spin TDCi yang menggunakan mesin diesel 4 silinder berkapasitas 1.248 cc common-rail direct injection dengan turbocharger jenis fixed geometry. Bertenaga 75 dk dan torsi maksimum 190 Nm pada putaran mesin 1.750-2.500 rpm, Spin Diesel ini menjadi salah satu MPV teririt di Indonesia. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed yang menjanjikan konsumsi BBM nan hemat. Ia mencatat konsumsi BBM di rute tol 20,96 km/liter.

Nissan Grand Livina X-Gear 1.5Peugeot 107
Pilihan MPV hemat BBM lainnya adalah Grand Livina 1.5 X-Gear. Memiliki transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) dipadu teknologi dual injector dan katup variabel, dapat menghasilkan kabut bahan bakar yang lebih halus dan merata sehingga meningkatkan daya ledak mesin. Terbukti dengan kapasitas mesin 1.498 cc 4 silinder, ia memberikan tenaga 109 dk dan konsumsi BBM di dalam kota 12,8 km/l dan di tol 18,4 km/l.
Peugeot 107 hadir sebagai sosok city car dari Eropa yang disematkan mesin 998 cc yang memberikan tenaga 68 dk dengan torsi 93 Nm pada 3.600 rpm. Tenaga yang disalurkan melalui transmisi 2-Tronic, itu memberi konsumsi BBM mencapai 19,72 km/l untuk rute tol dan 15,3 km/l di dalam kota.


Mitsubishi Mirage ExceedCamry Hybrid
Selain Nissan March, Mitsubishi Mirage juga memiliki kemampuan yang berimbang. Ia dibekali mesin 1.193 cc 3 silinder 75 dk yang terbilang jitu dalam meraih efisiensi bahan bakar. Dengan bobot 883 kg, Mirage mampu mencapai power to weight ratio ideal. Hasilnya Mirage mampu memberikan efisiensi BBM tol 21,4 km/l untuk rute tol dan 13,5 km/l di dalam kota.
Tak hanya city car yang hemat BBM. Toyota Camry Hybrid juga mampu memberikan konsumsi BBM yang sangat hemat. Ya, bermodalkan teknologi hybrid, sedan mewah bermesin 2.493 cc 143 dk dengan torsi 270 Nm ini, mampu mencapai 19 km/l untuk rute tol dan 16 km/l di rute dalam kota.


BMW 320dHyundai Santa Fe CRDi
Untuk kelas sedan mewah, BMW 320d mengandalkan mesin diesel 4-silinder 1.997 cc berteknologi TwinPower Turbo yang merupakan salah satu inovasi di BMW EfficientDynamics. Mesin itu dipadu transmisi 8-speed dan memiliki fitur Automatic Start/Stop yang menonaktifkan mesin saat stationer. Sedan BMW ini pun menjadi salah satu mobil teririt yang pernah kami tes. Untuk rute dalam kota, 320d mencatat 14,5 km/l dan di rute tol mencapai 24,5 km/l.
Untuk kelas SUV, salah satu mobil teririt dipegang oleh produk asal Korea, yaitu Hyundai Santa Fe CRDi. Dengan mesin diesel 2.199 cc sudah dibekali variable geometry turbocharger (VGT) memberikan daya hingga 198 dk dan torsi maksimum 445 Nm. Torsi besar itu membuatnya hemat BBM. Di rute tol, ia mampu mencapai 15,51 km/l. Irit dan dengan tenaga yang melimpah.


Honda Brio SatyaMercedes-Benz B200 BlueEFFICIENCY
Masuk ke kelas LCGC, Honda Brio Satya memang dirancang untuk memenuhi standar regulasi konsumsi BBM yang hemat. Brio Satya menggunakan mesin 1.198 cc bertenaga 88 dk dan bertransmisi manual, menjadi yang terhemat dibanding rivalnya. Hasil pengetesan pun membuktikan Brio Satya mampu memberikan konsumsi BBM di rute tol hingga 20,1 km/l.Ruang mesin Mercy B200 diisi unit 1.595 cc turbo bertenaga 154 dk dengan teknologi BlueEFFICIENCY. Artinya meski mampu melesat 0-100 km/jam dalam 9 detik, ia tetap hemat BBM. Dengan teknologi Auto Start-Stop, mesin secara otomatis mati untuk memutus aliran bahan bakar. Benar saja mobil pun mecatat konsumsi BBM di tol 15,87 km/liter.

Nissan March 1.2
Di kelas City Car yang mampu memberikan konsumsi BBM irit di Indonesia adalah Nissan March. Dengan menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.2 liter, March sanggup mencapai konsumsi BBM 19,8 km/l untuk rute tol dan 15,4 km/l untuk lalu lintas dalam kota.

No comments:

Post a Comment