Thursday, August 21, 2014

Cara agar mobil kamu tetap kinclong

Mengemudikan mobil yang bersih dan mengkilap sehingga banyak mata yang memandang tentu akan membuat pengemudianya lebih percaya diri. Meskipun sudah tidak baru lagi, mobil yang kinclong akan lebih enak dipandang daripada mobil baru namun kotor dan cat nya sudah tak karuan.Di bawah ini ada beberapa cara untuk menjaga agar body mobil Anda tetap mengilap dan catnya tidak pudar

Poles mobil dengan menggunakan wax. Memoles dengan bahan ini berfungsi memberi lapisan di atas pernis sehingga .membuat mobil tetap kinclong. Sebelum dipoles, mobil harus dicuci dan dikeringkan hingga benar-benar kering hingga lekukan body terlebih dahulu. Saat memoles, usahakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena bahan ini sifatnya cepat mengering.

Bahan poles ada yang khusus untuk mengilapkan dan ada yang untuk menghilangkan jamur atau kerak. Bila terlalu sering menggunakan bahan poles yang berfungsi menghilangkan jamur atau kerak bisa membuat cat pudar, apalagi jika meramu obat dan cara memolesnya tidak tepat bisa meninggalkan warna kusam atau timbul bercak.

Jangan terlalu sering memoles dengan kompon. Penggunaan kompon sebaiknya hanya satu tahun sekali untuk mengangkat jamur yang menempel. Terlalu sering menggunakannya bisa mengikis lapisan pernis sehingga membuat cat terlihat pudar.

Jangan biarkan mobil terlalu sering dijemur di bawah terik matahari. Karena hal itu bisa membuat warna cat cepat memudar. Mobil yang terlalu sering terkena panas dan hujan tanpa dipoles pun akan membuat cat cepat memudar.Perubahan iklim yang ekstrem juga mengakibatkan lapisan pernis terkikis. 

Jika rumah Anda tidak memiliki garasi beratap, sebaiknya tutup bodi mobil dengan sarung mobil. Lakukan pengecekan beberapa hari sekali bila mobil tidak digunakan, karena panas matahari bisa mengakibatkan sarung menempel pada cat mobil.

Salah satu hal yang paling penting adalah segera bersihkan dan cuci mobil Anda bila sudah cukup banyak debu yang menempel pada bodi mobil Anda. Cuci di tempat yang teduh, gunakan pembersih khusus untuk mobil dan gunakan spon halus untuk membersihkannya. Jangan menggunakan detergen karena bisa merusak cat dan usahakan busa sabun menempel tidak terlalu lama, karena apabila busa sabun cepat mengering dapat menimbulkan bercak noda pada cat mobil.

No comments:

Post a Comment