Saturday, August 9, 2014

Cara Unik mengantisipasi maling

Memburuknya perekonomian di negeri ini berdampak terhadap meningkatnya angka kemiskinan. Daya beli merosot, pengangguran bertambah dan eksesnya adalah banyaknya kejahatan yang dilakukan orang lantaran kelaparan. Mulai dari penipuan, pencopetan, penjambretan, perampasan hingga perampokan bersenjata. Hal itu dilakukan bukan hanya di tempat-tempat sepi saja, dikeramaianpun orang nekat melakukan kejahatan. Tidak terkecuali dirumah-rumah yang sedang kosong ditinggal penghuninya karena seseuatu hal. Bahkan rumah yang sedang ditunggupun bisa menjadi incaran sang pencuri.
Untuk mengantisipasi hal itu banyak perumahan elit selain memperkerjakan seorang satpam juga memasang alarm dan kamera CCTV diberbagai sudut untuk memantau aktivitas disekitar rumah.
Lantas bagaimana yang tidak mempunyai kemampuan untuk membayar satpam dan membeli alarm atau memasang kamera CCTV yang harganya mungkin sangat mahal itu?
Ada tips dan trik yang murah , sederhana tidak memerlukan teknisi untuk memasangnya,tidak dibutuhkan peterampilan khusus, kita sendiri bisa memasang dan mengoperasikannya.
Alat yang diperlukan :
1. Wajan atau kuali aluminium yang berdiameter 40 sampai 50 cm.
2. Tali plastik warna hitam ukuran 5 mm sepanjang 127 cm
3. Bambu kuning yang sudah tua dengan diameter 1 inci atau 2,5 cm sepanjang 83 cm
Cara pemasangan :
1. Ikat telinga wajan dengan tali plastik warna hitam lalu gantungkan dekat pintu utama rumah kita, jarak dari pintu sama dengan panjang tali plastik hitam tersebut yakni 127 cm.
2. Bambu kuning letakkan tepat dibawah wajan yang digantung tadi
Cara pengoperasian :
1. Sebelum Anda tidur , setelah jendela ataupun pintu-pintu dikunci dengan baik dan benar sempatkan waktu untuk mengoperasikan alat tersebut yakni cukup dengan memukulnya 3 kali (teng..teng..teng) dengan bambu kuning yang berada dibawah wajan tersebut,jangan terlalu pelan dan jangan terlalu keras, kira-kira terdengar dengan jarak 12 meter.
2. Ulangi setiap 15 menit sekali memukul wajan tersebut dengan menambah satu pukulan, umpanya 15 menit pertama 4 pukulan(teng..teng..teng..teng..), 15 menit kedua 5 pukulan (teng..teng..teng..teng..teng..), 15 menit ketiga 6 pukulan (teng..teng..teng..teng..teng..teng..).
3. Dan……lakukan itu hingga terdengar adzan subuh.
Semoga selamat rumah anda dari tangan jahil tamu-tamu tak diundang.


No comments:

Post a Comment